Pages

Jumat, April 15, 2016

Gelora Dinamis Buruh Jawa Barat, Saatnya Bergerak Melawan Kesenjangan Upah

                                          Bro Suherman, Ketua DPW Aspek Jawa Barat(dokpri)


                
                   Wajahnya cukup familiar bagi sebagian kalangan pekerja di daerah Bekasi, tahun 2012 lalu ketika buruh Bekasi melakukan perlawanan terhadap Apindo tentang upah, pria ini lah yang menjadi komandan bagi pekerja Aspek Indonesia wilayah Bekasi untuk tetap solid dan satu komando, setelah beberapa lama memegang tapuk pimpinan DPC Bekasi, Bro Suherman akhirnya memikul jabatan untuk jenjang yang lebih tinggi yakni ketua DPW Aspek Jawa Barat.
Beberapa waktu lalu penulis sempat mewawancarai bro Herman untuk mengorek lebih jauh tentang pergerakan buruh Jawa Barat pada umumnya dan juga gerakan DPW Jawa Barat pada khususnya, dalam pandangan mantan ketua PUK Linfox, bahwa pergerakan buruh di Jawa Barat sangat dinamis, mengingat Jawa Barat memiliki daerah kawasan industri yang membentang mulai dari Bekasi hingga wilayah Priangan. Namun meski demikian DPW Aspek Jawa Barat terus melakukan konsolidasi ke DPC DPC yang berada di wilayah Jawa Barat.

Masalah kesenjangan upah pun menjadi kajian yang perlu renungkan, meski memang rekor UMK ada di provinsi Jawa Barat yakni Karawang, namun ada beberapa kabupaten lainnya UMK nya sangat jauh berbeda dengan nilai upah di kisaran satu jutaan. Selain itu PUK berafliasi ke Aspek Indonesia yang saat ini mengalami masa masa sulit karena adanya PP 78 harus memperkuat pengupahan di masing masing PUK.

Kendala lain dari DPW Aspek Jawa Barat adalah baru sebagian yang terverifikasi dan di harapkan nantinya semua dapat terverifikasi agar tertib adminitrasi. Namun bukan berarti kendala tersebut menjadi beban namun merupakan sebuah tantangan. Dengan memiliki empat DPC di wilyah Bekasi, Bogor, Depok dan Bandung, DPW Jawa Barat termasuk paling banyak memiliki kepengurusan tingkat Cabang, bro Herman berharap akan semakin banyak DPC DPC baru di wilayah DPW Jawa Barat.

Semoga harapan tersebut menjadi sebuah kenyataan, selamat bertugas untuk para pengurus DPW Jawa Barat dan juga para pengurus masing masing DPC. Dan untuk selanjutnya adalah kesenjangan upah bisa di minimalisir agar buruh sejahtera di tatar Pasundan bukanlah angan angan.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar