Pages

Jumat, April 15, 2016

DPW Aspek Jawa Timur, Perjuangan Buruh Di Wilayah Tapal Kuda

                                          Bro Purnomo, sekretaris DPW ASPEK Jawa Timur(dokpri)


                       
                      Provinsi Jawa Timur memiliki kota kedua terbesar di Indonesia, Surabaya atau di kenal sebagai kota pahlawan memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi, kota kota di sekitar Surabaya seperti Gresik, Mojokerto dan Sidoarjo kini di penuhi kawasan industri, selain industri yang berkembang pesat, sektor jasa pun terus menggeliat, pasar modern dan retail pun ikut mencicipi derap pembangunan dari propinsi yang mempunyai slogan Jer Basuki Mawa Bea.

Tak pelak lagi Jawa Timur termasuk provinsi yang memiliki jumlah pekerja cukup signifikan, Aspek Indonesia sebagai sebuah federasi yang memilikiki ke khasan sebagai federasi yang concern di bidang jasa, melebarkan sayapnya dan memiliki Dewan Pimpinan Wilayah untuk provinsi Jatim. Sempat penulis berbincang dengan salah satu pengurus DPW, Bro Purnomo yang bekerja di Hero Super Market, dalam organigram DPW Jatim menduduki jabatan sebagai sekretaris DPW.

Pandangannya terhadap perkembangan perburuhan di Jawa Timur membuat kita lebih tahu seperti apa gerakan buruh dan perjuangan untuk mendapatkan upah layak di provinsi paling timur pulau Jawa, beberapa petikan wawancara dengan bro Purnomo semakin meyakinkan kita bahwa buruh Jawa Timur terus bersinergi untuk mendapatkan upah layak meski PP 78 merupakan momok tersendiri bagi kalangan buruh.

Pengurus DPW Jatim siap mengedepankan sosial dialog dalam pergerakan buruh di Jatim, dengan sekitar 16 afliasi yang ada di wilayah Jatim yang tersebar di wilayah tapal kuda. Meski beberapa tahun lalu kepengurusan DPW Jatim seperti mati suri, namun kini dengan kepengurusan baru yang telah di lantik oleh presiden Aspek Indonesia, Mirah Sumirat SE, pengurus semakin bergiat untuk terus mengkonsolidasikan diri baik di internal Aspek maupun sesama pekerja dan buruh yang tergabung dalam KSPI sebagai induk konfederasi.

Harapan bro Purnomo untuk mengembangkan organisasi di DPW Aspek Jatim, meski rata rata pengurusnya baru namun tetap bersatu, dan nantinya ada pertemuan rutin setiap bulan agar agar komunikasi berjalan dengan kontinyu, maju terus untuk pengurus DPW Aspek Jawa Timur, semoga spirit kepahlawanan di era revolusi lalu dapat terserap oleh pengurus DPW Aspek Jawa Timur untuk mengibarkan bendera Aspek Indonesia pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar